Catatan :

Gubernur Resmikan Relokasi BRI Syariah


BANDA ACEH - Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah meresmikan relokasi (pemindahan) Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah Cabang Banda Aceh yang sebelumnya beralamat di Jalan Sultan Alaidin Mahmudsyah, kini berpindah ke Jalan T Daud Beureueh, Lampriek, Banda Aceh, Selasa (9/8).
Dalam sambutannya, Zaini Abdullah mengharapkan, kehadiran Bank BRI Syariah dapat mendorong geliat perekonomian syariah di bumi Aceh. “Pemerintah Aceh selalu mendorong aktivitas perbankan agar keterlibatannya dalam memperkuat ekonomi rakyat semakin meningkat. Dalam konteks Aceh, sistem perbankan yang berdasarkan syariat menjadi sebuah keniscayaan, mengingat tujuan dan cita-cita kami untuk menerapkan Syariat Islam dalam segenap aspek kehidupan, termasuk dalam aktivitas ekonomi,” katanya.

Ditambahkannya, peran perbankan sangat penting sebagai motor pembangunan dan lembaga intermediasi sektor keuangan. Terlebih lagi, kondisi ekonomi di Aceh saat ini terutama sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sangat dominan di masyarakat. Saat ini, katanya, BRI Syariah menjadi bank syariah terbesar ketiga di Indonesia berdasarkan aset yang dimilikinya.
“Bisnis intinya berfokus kepada kegiatan penghimpunan dana masyarakat dan kegiatan konsumen dengan prinsip syariah. Dengan konsep bisnis seperti itu, mudah-mudahan kehadiran bank ini mampu memperkuat perekonomian syariah di Aceh,” harap Zaini Abdullah. Ia juga menambahkan, tiga universitas yang sudah bekerja sama dengan BRI Syariah yaitu UIN Ar-Raniry, Universitas Syiah Kuala, dan Universitas Teuku Umar Aceh Barat dapat memanfaatkan kerjasama yang sudah disepakati ini dengan menambah pengetahuan para mahasiswa tentang praktik ekonomi Islam. Hal ini dilakukan agar semua individu mampu menerapkan ekonomi Islam.

Sementara Direktur BRI Syariah, Muhammad Hadi Santoso menambahkan, BRI Syariah sudah menyalurkan pembiayaan mikro dan retail sebesar Rp 202 miliar. Hal tersebut merupakan bentuk partisipasi aktif BRI terhadap perkembangan perekonomian syariah di Aceh.
Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Aceh, Zaini Abdullah juga menyerahkan beasiswa faedah dari BRI Syariah yang diberikan kepada Universitas Syiah Kuala sebesar Rp 25 juta untuk 10 mahasiswa dan UIN Ar-Raniry sebesar Rp 25 juta bagi 10 mahasiswa.Sedangkan Universitas Malikussaleh Lhokseumawe dan Universitas Teuku Umar, masing-masing memperoleh beasiswa sebesar Rp 20 juta untuk delapan orang mahasiswa. Beasiswa yang sama juga diberikan bagi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model sebesar Rp 4,5 juta untuk tiga orang siswa. Para pejabat yang hadir diantaranya Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Perwakilan Aceh, Ahmad Wijaya Putra, Area Manager Garuda Indonesia Aceh Nano Setiawan, Kepala Kantor Cabang BRI Aceh, Wakil Wali Kota Banda Aceh, Zainal Arifin, serta sejumlah perwakilan bank yang beroperasi di Banda Aceh serta para nasabah BRI Syariah. (una/rel)
Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon